Pages

Tuesday, May 6, 2014

SMK BINA SISWA MANDIRI & PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR GELAR PELATIHAN GURU OTOMOTIF SE KABUPATEN GARUT

Dalam rangka rangkaian kegiatan persiapan pembukaan program studi Teknik  Kendaraan Ringan SMK Bina Siswa Mandiri menggandeng PT. Astra Daihatsu Motor, menyelenggarakan pelatihan guru-guru otomotif sekabupaten Garut dengan tajuk bertema " ENGINE MANAGEMENT SYSTEM"  ( 26 - 27 April  2014 ). Kegiatan tersebut di atas, dihadiri oleh Ketua Program Pintar Bersama Daihatsu ( PBD)  Bapa Ari Junaidi , Kepala Seksi Kelembagaan Disdik Kabupaten Garut Bapa Ela, Pengawas SMK Bapa E Heryamin, serta peserta dari sepuluh SMK di Kabupaten Garut  masing masing dua orang ( peserta berjumlah 20 orang )
Nara sumber yang hadir memberikan materi adalah Bapa Ridwan dari PT Astra Daihatsu Motor. Nara sumber adalah Supervisor Instructor General Mechanic & Instruktor for service Advisor, yang kebetulan pula selain juri LKS Nasional juga  Expert in Worldskill International ( London, Germany )
Dalam kata sambutannya bapa Ari Junaidi mengatakan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan seharusnya mampu mengembangkan sistem praktik yang bisa mengadaptasi kebutuhan industri. Kemajuan teknologi di industri begitu cepatnya, sehingga Sekolah Menengah Kejuruan seharusnya harus selalu mengupdate kemajuan teknologi yang ada di industri. Up date itu bukan hanya ilmu pengetahuannya saja, tetapi juga peralatan, kompetensi guru, bahkan kurikulum terutama untuk bidang produktif selayaknya salalu disinkronisasikan.Selanjutnya, Bapa Ari Juanidi menyambut baik kegiatan pelatihan ini, sebagai bentuk kepedulian industri khususnya PT.Astra Daihatsu terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Garut. Beliau mengingatkan persaingan kedepan akan sangat ketat.
Dilain saat, Kepala Seksi Kelembagaan Disdik Kabupaten Garut Bapa Ela memberikan apresiasi kepada SMK Bina Siswa Mandiri yang pada tahun pelajaran 2014/2015 akan menerima siswa baru untuk paket kehalian Teknik Kendaraan Ringan, dimana segala perangkatnya terlebih dahulu sudah dipersiapkan dengan baik. Izin prinsip pembukaan jurusan sudah selesai, peralatan sudah cukup memadai, guru untuk pembelajaran produktif sudah terlebih dahulu di training di industri, dan yang paling penting sudah ada industri yang memback up dalam hal ini PT Astra Daihatsu Motor yang merupakan perusahaan besar dibidang otomotif.
Selanjutnya Kepala SMK Bina Siswa Mandiri, Asep Kustiana mengungkapkan bahwa visi dari SMK Bina Siswa Mandiri yaitu : TERWUJUDNYA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEJURUAN YANG MAMPU MENGHASILKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG PROFESIONAL DAN BERMARTABAT. Maka  pekerjaan SMK Bina Siswa Mandiri harus dihadapi dengan sungguh-sungguh. Dengan menggandeng PT Astra Daihatsu Motor sebagai pratner tidak selalu berarti lulusan SMK Bina Siswa Mandiri nantinya harus selalu disalurkan atau ditampung di perusahan tersebut, itu harapan yang terlalu sempit. Justru dibawah binaan PT Astra Daihatsu diharapkan tamatan SMK Bina Siswa Mandiri  nanti mempunyai banyak pilihan kemanapun nantinya mereka akan memilih pekerjaan terutama di industri otomotif. Yang terpenting dengan bimbingan PT. Astra Daihatsu Motor, kegiatan belajar memiliki standar yang jelas dan sesuai dengan tuntutan industri. Sehingga ketika mereka tamat diharapkan dapat  memiliki kompetensi dan tersertifikasi secara internasional. Perlu di catat pada tahun 2015 AFTA atau pasar bebas ASEAN akan diberlakukan, itu artinya persaingan tidak saja datang dari tamatan SMK lain di Indonesia tapi juga dari wilayah lain di kawasan ASEAN. Untuk mewujudkan visi tersebut maka dalam waktu satu tahun sebelum penerimaan siswa baru SMK Bina Siswa Mandiri telah melakukan serangkaian kegiatan, diantaranya :
  1. Telah menyiapkan kurikulum terutama untuk bidang produktif yang disinkronkan dengan kebutuhan  dunia industri dalam hal ini industri otomotif.
  2. Pengadaan alat alat praktik mulai dari stand engine, tool, alat-alat pengukuran, sampai pada alat- alat diagnostik ( Scanner ), mengingat teknologi otomotif sekarang sudah masuk ke sistem EVI, VVTI, MPX, bahkan Immobilizer. Dalam waktu dekat, SMK Bina Siswa Mandiri akan mengupayakan agar praktek siswa lebih banyak di UNIT. Karena ada program penting yang harus disampaikan pada siswa yaitu :MELAKUKAN PERAWATAN BERKALA S/D CH. 10.000 KM DAN KELIPATANNYA, MELAKUKAN PERAWATAN BERKALA S/D CH. 20.000 KM DAN KELIPATANNYA,  MELAKUKAN PERAWATAN BERKALA S/D CH. 40.000 KM  DAN KELIPATANNYA. Kegiatan ini akan dapat dilakukan apabila siswa belajar langsung dengan unit.
  3.  Guru produktif di SMK Bina Siswa Mandiri wajib mengikuti training terlebih dahulu di industri mulai dari level, Technician, Pro tech, sampai pada level diagnostik. Bahkan wajib mengikuti OJT  ( Magang )di bengkel bengkel resmi dari PT Astra Daihatsu.  Secara logika , bagaimana peserta didiknya akan handal apabila kemampuan gurunya  biasa- biasa saja.
  4. Kegiatan mulok yang akan disampaikan kepada peserta didik adalah MEMAHAMI DAN MENERAPKAN INDUSTRIAL CULTURE   DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Karena ternyata budaya industri itu tak lain adalah pembentukan karakter karakter unggul  yang akan membuat siswa menjadi manusia yang bermartabat.
Kagitan pelatihan berlangsung dua hari yaitu 26 - 27 April dimana hari pertama full teori dan hari kedua full praktek di unit mobil yaitu dignostic, ECU, pada Terios, Xenia dan Ayla.
Berikut photo photo terkait kegiatan di atas :

Kepala Ssksi Kelembagaan Disdik Garut Memberikan sambutan

Training Scanner pada Ayla

Training ECU dan Scanner pada Terios

Guru SMK BSM melakukan uji coba Scanner

Materi Immobilizer

1 comment:

  1. ALAT PERAGA PENDIDIKAN SMK
    Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan, Sepeda Motor, Mekatronika, LED TV Trainer, Otomasi Industri dan Elektronika Industri
    WA : 081288670484, 081295755642

    https://alatperagapendidikanperagapendidikanalatsmk.wordpress.com/

    ReplyDelete

 

Blogger news

Blogroll

PROFIL SMK BSM

Nama Sekolah : SMK Bina Siswa Mandiri Alamat :Jl.Raya Limbangan Leuwi Goong Km 0,60 Bl. Limbangan Garut, Tahun Berdiri : 2013 Program Studi : Teknik Otomotif, Paket Keahlian: Teknik Kendaraan Ringan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif, IndustriPasangan : PT. Astra Daihatsu Motor, Kepala Sekolah: Asep Kustiana, S.Pd, Nama Yayasan : Yayasan Pendidikan Al Fatah, Ketua Pembina : Drs.H.Ruyaman Dj. B.Sc., Pembina : Ir, Jet Juanda, Ketua Harian : Ir.Uton Ramdani